Cara Menerapkan Pola Tidur yang Baik

pola tidur yang baik

pola tidur yang baik

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah salah satu hal yang terkadang dilupakan beberapa orang.

Sebab ketika seseorang mendapatkan kualitas tidur yang buruk, hal ini akan berdampak kepada kondisi seseorang dalam menjalankan rutinitas mereka.

Terlebih untuk mereka yang sering tidur larut malam. Biasanya mereka akan cepat merasa lemas dan kehilangan konsentrasi ketika sedang bekerja ataupun belajar.

Karena itu, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa menerapkan beberapa pola tidur yang baik, agar tubuh bisa tetap mendapatkan waktu untuk beristirahat.

 

Hindari Mengkonsumsi Kafein sebelum Tidur

Menikmati secangkir kopi di pagi hari memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, dan dipercaya bisa meningkatkan semangat ketika beraktivitas.

Namun jika kalian mengkonsumsi kopi sebelum tidur, efek samping dari kafein didalam nya akan membuat kamu akan lebih terjaga dan sulit untuk tidur.

Sebab itu, kamu harus memberi batasan pada kafein di malam hari. Tentunya agar kalian bisa mendapatkan istirahat yang cukup dan pola tidur yang baik.

 

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Selepas melakukan banyak aktivitas, menikmati mandi air hangat sebelum tidur bisa memberikan kamu efek rileks dan juga tenang pada tubuh.

Cobalah untuk mandi air hangat sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Cara ini bisa membuatmu lebih membuat tubuh terasa lebih segar dan fresh.

Meskipun begitu, kamu tidak disarankan untuk mandi air hangat terlalu sering. Sebab ini akan membuat kulitmu cepat kering.

 

Tidur Lebih Awal

Hal ini masih menjadi salah satu hal yang mungkin sulit untuk dilakukan. Terlebih jika sudah menjadi sebuah kebiasaan untuk tidur larut malam.

Tentunya kamu harus memberikan sugesti kepada tubuh dan otak mu, untuk bisa tidur lebih awal waktu. Sedikit memaksakan memang, namun hal ini bisa menjadi cara untuk membentuk kebiasaan tidur di awal waktu, agar badan tetap terasa segar ketika bangun di pagi hari.

 

Kesimpulan

Pola tidur yang baik sebenarnya bisa dibangun dari bagaimana kamu mengatur waktu dan aktivitas mu. Sayangilah tubuhmu, agar mereka mendapatkan waktu untuk beristirahat setelah bekerja seharian.

Close